Hetalia: Axis Powers - Norway

Minggu, 21 Mei 2017

KOMPONEN TATASURYA

Hasil gambar untuk komponen tatasurya

Tata Surya[a] adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, lima planet kerdil/katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi[b], dan jutaan benda langit (meteorasteroidkomet) lainnya.

MATAHARI

Matahari adalah benda angkasa terbesar di tata surya kita.
Matahari sangat panas yang terdiri dari gas pembakaran. Ledakan jutaan bom atom berlangsung sepanjang waktu di permukaannya. Ledakan ini memuntahkan api raksasa 40 atau 50 kali lebih besar dari Bumi kita. Matahari adalah bola api raksasa yang mengeluarkan panas dan cahaya yang sangat besar dari permukaannya.
MERKURIUS
Citra planet Merkurius yang di ambil dari satelit MESSENGER NASA
  • Merkurius adalah planet terdekat dari Matahari sehingga menjadikannya planet terpanas di Tata Surya. Hal yang paling menarik tentang Merkurius adalah bahwa planet ini berotasi sangat lambat, kurang lebih kecepatannya sama seperti ketika planet ini berevolusi mengelilingi matahari. 

VENUS
Citra asli planet Venus
  • Planet terdekat berikutnya setelah Matahari adalah Venus. Setelah Matahari dan Bulan, Venus adalah benda langit paling terang di langit jika dilihat dari Bumi. Venus merupakan planet yang panas membakar dan memiliki gunung berapi pada permukaannya yang terus-menerus meletus. 
  • Keunikan lain dari Venus adalah atmosfernya yang sangat tebal terdiri dari lapisan padat karbon dioksida, ada juga lapisan asam yang ketebelannya beberapa kilometer di atmosfirnya. Ini yang menyebabkan adanya aliran konstan hujan asam mematikan di planet ini. Jika kita bisa menginjak ke permukaan Venus, kita akan mati di tempat.

BUMI
Bumi di lihat dari pesawat Ulang-alik Atlantis NASA  (STS-71)
Planet setelah Venus adalah Bumi, merupakan satu-satunya planet yang permukaannya memiliki kehidupan di atasnya.
MARS
Planet Mars dari NASA Goddard Space Flight Center
  • Mars adalah planet mati seperti yang lain kecuali Bumi. Tidak ada yang bisa hidup di atasnya. Ada sejumlah alasan kenapa hal ini terjadi. Pertama, atmosfer di Mars beracun dan memiliki tingkat karbon dioksida tinggi. Kedua, tidak ada air di permukaan planet ini. Ketiga, suhu di Mars sekitar 53 derajat Celcius. Dan keempat, ada angin yang sangat kuat dan badai pasir di Mars yang berlangsung selama berbulan-bulan pada satu waktu.

JUPITER
Citra asli permukaan Jupiter dari Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA
  • Jupiter adalah bola raksasa yang terdiri dari gas, dan tidak memiliki permukaan tanah di atasnya. Diameter Jupiter adalah 11 kali lebih besar dari Bumi. 1300 Bumi bisa masuk ke dalam Jupiter!

SATURNUS
Planet Saturnus dan Satelit Pioneer 11 dari NASA Ames Research Center
  • Saturnus terkenal karena cincin di sekelilingnya. Ini adalah planet terbesar keduah setelah Jupiter. Cincin ini terdiri dari gas dan potongan-potongan batu. Suhu planet ini terlalu rendah untuk nisa memungkinkan adanya kehidupan, yaitu minus 178 derajat Celcius!

URANUS
Planet uranus memiliki bintik hitam yang tertangkap oleh Teleskop Hubble NASA
Uranus adalah planet terbesar ketiga di tata surya. Suhu permukaannya adalah sekitar minus 214 derajat Celcius. Planet ini sangatlah dingin dan kita akan membeku hanya dalam satu detik. Tidak ada yang bisa bernapas di atmosfer planet ini karena terdiri dari gas beracun.
NEPTUNUS
Citra Neptunus dari Teleskop Hubble antara tahun 1996 – 2002
  • Planet kita seperti yang kita bergerak bersama melalui tata surya adalah Neptunus. Diameter Neptunus adalah 4 kali lebih besar dari Bumi. Atmosfernya, terdiri dari gas yang akan menjadi racun bagi kita. Badai yang sangat kuat juga terjadi di permukaan planet ini, dengan kecepatan hingga 2.000 kilometer. Planet ini sangat dingin, dengan suhu permukaan sekitar minus 218 derajat Celcius.

BENDA ANGKASA LAINNYA
KOMET 
Komet Siding Spring, terlihat ekornya selalu membelakangi arah matahari.
  • Komet terdiri dari gas dan debu beku, kadang ada yang mengorbit mengelilingi matahari. Sebuah komet mulai menguap saat mendekati Matahari, di bawah pengaruh panas matahari. Cahaya terang yang muncul di Komet merupakan hasil dari penguapan panas yang terjadi akibat mendekati Matahari.

ASTEROID
Asteroid raksasa Vesta terlihat dalam gambar yang diambil dari pesawat ruang angkasa NASA Dawn sekitar 3.200 kilometer di atas permukaan bumi pada tanggal 24 Juli 2011.
  • Asteroid adalah batu-batu besar di ruang angkasa, umumnya ditemukan antara orbit planet Mars dan Jupiter. Beberapa asteroid ada yang memiliki besar dengan diameter hingga 1000 kilometer.

METEOROID
Meteor ini merupakan gabungan dari 18 foto-foto yang diambil oleh Bay Area, California.
Gambar : NASA / Robert P. Moreno Jr
  • Meteoroid adalah batu-batu kecil atau kombinasi dari batu dan besi yang putus dari asteroid atau komet. Meteoroid sesekali mendekati ke arah Bumi kita. Saat mereka memasuki dan melewati atmosfer, benda ini menjadi panas sebagai akibat dari gesekan dan akhirnya menghilang dan tidak membayakan Bumi kita. Mereka muncul sebagai seberkas cahaya saat mereka terbakar, yang dikenal sebagai meteor.



Sumber :
http://ardiyansyah.com/2014/10/mengenal-alam-semesta-dan-tata-surya.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Tata_Surya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar