Hetalia: Axis Powers - Norway

Kamis, 04 Januari 2018

Budidaya Ternak Hamster

Cara Ternak Hamster
PEMILIHAN
Langkah pertama yang sangat penting dalam memelihara hamster ialah memilih hamster, kalau kamu termasuk pemula dalam memelihara hamster mungkin saran saya lebih baik kamu memilih jenis hamster Campbel karena perawatannya yang cukup mudah dan harganya pun terjangkau murah, walau memang hamster Campbel ini sifatnya agak galak daripada jenis lainnya.

Tapi itu semua hanya sekedar saran dan kamu bebas mau memilih jenis hamster apa saja sesuai selera kamu. Dalam memilih induk hamster yang baik, kamu bisa pilih hamster betina yang lincah dan nafsu makannya baik, juga umurnya sudah mencapai 4-11 bulan dan postur tubuh yang sehat.
Kenapa harus memilih yang sudah berumur 4-11 bulan, karena kalu umur si hamster kurang dari 3 bulan sangat dikhawatirkan anak yang dia lahirkan nantinya akan lemah dan sistem pertumbuhannya juga kurang maksimal, juga karena hamil diusia yang masih muda, membuat induk hamster stress.
PROSES PERKAWINAN
Sebelumnya kita harus menyatukan hamster jantan dan betinanya dahulu, caranya adalah dengan membikin kandang khusus untuk proses perkawinan mereka. setelah itu biasanya beri pembatas di tengah-tengahnya.
Hal ini untuk mencegah pertengkaran antara hamster betina dengan si jantan jika langsung di campur walaupun pertikaiannya hanya berlangsung 2-3 hari dan tidak akan menimbulkan luka tapi lebih baiknya dipisahkan dulu sekitar 1 minggu tapi harus dalam kondisi bersebelahan, biar tidak berkelahi dan si betina tidak stres.
Setelah di campurkan biasanya hamster jantan akan menciumi kelamin betina. Biasanya hamster betina akan berkelakuan sedikit jual mahal, ia tidak akan mau dikawini langsung begitu saja. Akan tetapi ia pasti akan lari-larian agar tidak di kawini dan hamster jantan akan terus mengejar si betina hingga dapat.
Proses kejar-kejaran itu biasanya tergantung pada hamster betina, jika ia sudah mulai capek untuk berlari ia akan pasrah dan mau untuk di kawinkan. Hamster kawin bisa berlangsung selama 3 minggu atau bisa hanya 1 kali saja, semua bergantung pada pembuahan dari hamster yang anda pelihara.
Apabila kedua hamster sudah merasa puas, mereka menjilati alat kelamin masing. Biasanya proses perkawinan berlangsung selama 15 menit dan setelahnya hamster betina membersihkan dirinya sendiri.
PEMBUATAN KANDANG
Menyiapkan tempat dan kandang untuk pemeliharaan hamster adalah hal yang harus dilakukan sebelum memulai berternak hamster. Walaupun sebenarnya, anda hanya tinggal memilih berbagai jenis kandang hamster yang telah disediakan dan banyak dijual dipasaran sesuai dengan keninginan anda.
Hanya saja, anda tetap bisa berkreasi dengan berbagai peralatan bekas jika ingin membuat kandang sendiri dan menghemat biaya. Untuk persiapan kandang dan membuatnya secara manual bukanlah hal yang sulit.
Anda bisa memanfaatkan berbagai peralatan misalnya aquarium bekas, kotak ice cream maupun dibuat dengan kayu atau kawat. Gunakan pasir kayu maupun serbuk kayu sebagai alasnya. Ini agar dapat meminimalisir dan mencegah bau yang ditimbulkan oleh kotoran maupun air kencing para hamster peliharaan nantinya.

PAKAN HAMSTER
Selain dari faktor kebersihan, pemilihan kandang dan perindukan. Tentunya anda harus memberi makan para hamster peliharaan secara rutin agar mereka tetap terpenuhi kebutuhan nutrisi dan tetap terjaga kesehatannya. Usahakan untuk tetap menyediakan minuman maupun makanan secara rutin dan tidak telat.
Pakan yang mengandung banyak protein maupun telur adalah jenis pakan yang dianjurkan untuk melakukan proses budidaya hamster, karena pakan yang mengandung banyak protein akan membangkitkan gairah pasangan hamster untuk melakukan perkawinan.
Makanan yang mengandung ragi juga akan bagus untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan hamster. Ragi akan membuat para hamster tidak stress dan kembali rileks

Sumber :
https://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-hamster
https://ibnuasmara.com/cara-ternak-hamster/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar