Hetalia: Axis Powers - Norway

Kamis, 04 Januari 2018

Budidaya Ternak Hias Kelinci


Hasil gambar untuk ternak hias kelinci

Budidaya Kelinci (Beternak Kelinci)   Kelinci diternakkan pada awalnya bertujuan utk keindahan, bahan pangan & sebagai hewan percobaan.



PERSIAPAN BIBIT KELINCI

Untuk budidaya kelinci hias, bulu adalah pertimbangan utama. Kelinci dengan bulu yang cantik tentunya memiliki nilai keindahan yang lebih tinggi. Ada banyak kelinci yang bisa dijadikan sebagai kelinci hias. Beberapa diantaranya adalah kelinci lion. Selain itu juga ada jenis kelinci nederland drawft. Berbeda dengan kelinci potong, memilih kelinci hias tidak terlalu fokus pada bobot kelinci. 

PERSIAPAN PAKAN
  • Umumnya para peternak kelinci memberi pakan kelinci berupa kombinasi pakan pelet dan pakan sayuran. Namun banyak juga yang hanya menggunakan pakan pelet karena jauh lebih praktis dan kandungan gizinya lebih sempurna. 


  • Waktu pemberian pakan – Normalnya, pemberian pakan kelinci baik untuk kelinci hias ataupun pedaging adalah dua kali sehari, pagi dan sore hari. 
PERAWATAN KELINCI HIAS

  • Kelebihan dari kelinci hias adalah bulunya yang cantik. Untuk menjaga agar bulunya tidak mudah rontok, jangan terlalu sering memandikan kelinci tersebut. 
  • Untuk ukuran kandang, kelinci jenis ini juga termasuk membutuhkan ruang yang cukup besar. Saat akan melahirkan kelinci hias atau lebih spesifiknya kelinci angora membutuhkan ruang yang lebih besar lagi. Pada saat akan melahirkan, pastikan untuk menyediakan rumput kering agar kelinci tersebut merasa hangat. 

REPRODUKSI DAN PERKAWINAN

Kelinci betina segera dikawinkan ketika mencapai dewasa pada umur 5 bulan (betina & jantan). Bila terlalu muda kesehatan terganggu & mortalitas anak tinggi. Bila pejantan pertama kali mengawini, sebaiknya kawinkan dgn betina yang sudah pernah beranak. Waktu kawin pagi/sore
hari di kandang pejantan & biarkan hingga terjadi 2 kali perkawinan, setelah itu pejantan dipisahkan.



PROSES KELAHIRAN

Setelah perkawinan kelinci akan mengalami kebuntingan selama 30-32 hari. Kebuntingan pada kelinci dapat dideteksi dgn meraba perut kelinci betina 12-14 hari setelah perkawinan, bila terasa ada bola-bola kecil berarti terjadi kebuntingan. Lima hari menjelang kelahiran induk dipindah ke kandang beranak utk memberi kesempatan menyiapkan penghangat dgn cara merontokkan bulunya. Kelahiran kelinci yang sering terjadi malam hari dgn kondisi anak lemah, mata tertutup & tidak berbulu. Jumlah anak yang dilahirkan bervariasi sekitar 6-10 ekor.


PERSIAPAN KANDANG


kandang pasangan kelinci
  • Lantai/alas kandang, tempat pakan & minum, sisa pakan & kotoran kelinci setiap hari harus dibersihkan utk menghindari timbulnya penyakit. Sinar matahari pagi harus masuk ke kandang utk membunuh bibit penyakit. 
  • Karakteristik kandang yang baik untuk kelinci hias adalah cukup luas, jauh dari keramaian, dekat dengan sumber air dan jauh dari polusi.  

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar